Tugas Usaha Petshop kelompok 3

Una PetShop

Hasil gambar untuk logo gunadarma

Arif Afrizal  
Edwin Adikaputra
Farhan Iman Kurnia
 Iqbal Maulana
Irvan Effendi
Sandi Dwi Utami
4EA10
Fakultas Ekonomi
 Universitas Gunadarma
2018

   BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Perkembangan masyarakat yang memelihara hewan peliharaan terutama anjing dan kucing semakin banyak pada saat ini. Kebanyakan masyarakat merasa tertarik untuk memelihara anjing dan kucing karena hewan ini memiliki karakter dan fungsi yang beragam misalnya anjing dapat membantu manusia untuk menjaga rumah, pencarian jejak orang bagi kepolisian, penyelamat, dan anjing juga bisa menjadi sahabat yang setia, menyenangkan, dan karena kesetiaannya anjing disebut man’s best friend.
Oleh sebab itu banyak masyarakat yang merasa tertarik untuk memelihara anjing. Walaupun anjing juga disebut sebagai man’s best friend dan banyak dipelihara, tetapi tidak semuanya memilih anjing sebagai hewan peliharaannya. Banyak juga masyarakat yang merasa tertarik untuk memelihara kucing karena kucing memiliki karakter dan sifat yang manja, lincah dan aktif sehingga banyak masyarakat yang merasa terhibur dengan memelihara kucing di rumahnya.
Bisnis  pet shop menjadi salah satu bisnis unggulan terutama di kota-kota besar. Kecintaan dan rasa kaming yang besar terhadap hewan peliharaan membuat para pecinta hewan rela melakukan yang terbaik untuk merawat dan member rasa nyaman hewan peliharaannya. Perlakuan khusus tersebut bukan hanya member perhatian dan memberi makan saja, tetapi juga melakukan perawatan rutin dan mempercantik penampilan hewan peliharaannya.

Usaha pet shop yaitu sebuah usaha yang bergerak dibidang penyediaan produk/jasa bagi keperluan hewan. Pecinta binatang sangat diuntungkan dengan hadirnya pet shop didaerah mereka. Sebab akan memudahkan para pecinta binatang untuk mencari kebutuhan/keperluan hewan peliharaannya.

2.      Visi dan Misi
§  Visi
o   Take care, protect, and love them
o   Menjadi petshop yang mesejahterakan hewan dan menjadi pilihan utama para pemilik hewan peliharaan.
§  Misi
o   Meningkatkan pelayanan dalam perawatan hewan
o   Ikut mendorong pemerintah agar lebih berperan dalam kepedulian terhadap hewan
o   Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap hewan.
o   Berupaya menjadi petshop yang memiliki pegawai yang handal, jujur, dan disiplin.

3. Tujuan kami Mendirikan Usaha Ini

1.      Berupaya menjadi petshop yang dapat mensejahterakan hewan
2.      Mengembangkan dan menyalurkan hobi kami yang menyayangi hewan peliharaan
3.      Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menyayangi, merawat, melindungi, dan lebih perduli terhadap hewan




4. Gambaran usaha yang ingin kami jalankan
Kami ingin membuka usaha yang dasar nya dari hobi kami, yaitu membuka usaha petshop. Di petshop ini kami menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, dimana para pecinta hewan dapat membawa hewan peliharaannya untuk dimandikan dan diberi perawatan. Kami juga menjual kebutuhan dan alat perawatan hewan peliharaan, seperti makanan, shampo, aksesoris, mainan hewan peliharaan, vitamin dan obat-obatan hewan, gunting kuku dan sisir, pasir dan litter box, dan juga kandang. Pelayanan lainnya adalah penitipan hewan peliharaan, yang dimana para pemilik hewan peliharaan dapat menitipkan hewan peliharaannya. Jadi, jika para pemilik hewan peliharaan ingin pergi keluar kota untuk mudik misalnya, tidak khawatir dan bingung lagi memikirkan hewan peliharaannya.












BAB II
PROFIL USAHA

A.    Deskripsi Umum Usaha
Hobi yang tersalurkan dengan baik, bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis akan hobi, akan sangat mudah sekali dikerjakan dan dijalani oleh pelaku bisnisnya. Tak heran jika banyak yang berhasil membangun usaha yang berawal dari sebuah hobi. Salah satu bisnis tersebut ialah usaha pet shop.

Bermula dari sebuah hobi senang memelihara hewan kekamingan, ditambah dengan tinggimnya minat masyarakat untuk memelihara hewan, membuat kami ingin menggeluti bisnis ini. Karena pet shop merupakan bisnis yang sederhana dan mudah dikelola, walaupun membutuhkan modal yang lumayan besar dan banyak pesaing nya, inilah yang menjadi tantangan tersendiri untuk tidak takut mencobanya. Tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar juga.
Bisnis yang akan kami jalan kan ini adalah bisnis petshop yang akan kami beri nama Una pet shop. Una pet shop akan melakukan bisnis dengan model  one stop service, artinya semua jenis pelayanan terhadap kebutuhan hewan akan dilayani guna menambah pemasukan, memperluas sasaran, menarik konsumen sebanyak-banyaknya dan menciptakan keprofesionalan.
Una pet shop akan menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, tempat penitipan hewan, serta menjual kebutuhan dan keperluan hewan seperti aksesoris, makanan fresh pack/repack, shampo, obat cacing, vitamin, mainan hewan peliharaan dan juga pet cargo (travel bag untuk membawa hewan peliharaan.
Berikut ini akan kami jelaskan apa saja elemen yang ditawar kan di petshop kami yang berbeda dengan petshop lain, yaitu sebagai berikut:
1.      Produk yang berkualitas tinggi
Kami akan menjual makanan hewan yang memang sudah terbukti berkualitas, dan sudah memiliki merk brand bagus dan dikenal oleh para pecinta hewan. Dan juga kebutuhan hewan peliharaan seperti aksesoris, makan, shampo, vitamin dan mainan kucing yg unik dan berkualitas tinggi.
2.      Pegawai yang profesional
Pegawai menjadi peranan penting dalam usaha ini, pegawai yang direkrut adalah pegawai yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang perawatan hewan peliharaan. Una pet shop akan menanamkan sikap ramah kepada setiap konsumen yang datang.
3.      Gerai yang nyaman dan menarik
Una pet shop akan memberikan kenyaman untuk para konsumen yang datang, membuat konsumen merasa betah menunggu hewan kekamingan perawatan. Una pet shop juga akan di desain seperti minimarket untuk hal penjualan produk nya, seperti aksesoris, makanan, peralatan grooming atau salon hewan (shampoo, conditioner, gunting kuku, sisir, dll). Una pet shop juga akan menjadi tampat penitipan hewan yang nyaman untuk hewan peliharaan, dengan peralatan yang lengkap dan berkualitas.
4.      Harga yang ditawarkan relative murah dan terjangkau.




B.     Strategi Pemasaran

o   Melakukan survey tentang hewan peliharaan yang paling banyak diwilayah pet shop didirikan, sehingga dapat memfokuskan apa saja yang akan dijual.
o   Dalam memasarkan pet shop ini, kami akan memanfaatkan social media sebagai media utama promosi. Media kedua nya kami akan membuat brosur dan menyebarkan nya ke rumah-rumah sekitar petshop kami, ditambahkan dengan kelebihan-kelebihan yang ada di petshop kami sehingga pecinta hewan akan lebih tertarik dengan petshop kami.
o   Memasang spanduk di depan petshop kami agar para pecinta hewan tahu bahwa ada petshop diwilayahnya.
o   Membuat fanpage dan group di media social seperti facebook, twitter, dan instagram untung berbagi tentang cara merawat hewan sekaligus menjadi ajang promosi untuk petshop kami.

C.    Lokasi

Lokasi petshop yang kami dirikan akan ditempat kan di lokasi yang strategis dan mudah untuk diakses pelanggan, yaitu dekat dengan perumahan di Jakarta Pusat. Kami akan mencari kios/ruko yang siap untuk disewakan untuk petshop kami. Kami akan memilih tempat yang menjorok kedalam, sehingga tidak terlalu dekat dengan jalan raya. Karena suara bising kendaraan akan membuat hewan menjadi lebih mudah stress.

D.    Target Konsumen

Lokasi yang akan didirikan bisnis ini cukup strategis jika dilihat dari segi tempat terhadap jumlah orang yang berlalu lalang dan tinggal disana. Target konsumen usaha kami adalah warga yang bertempat tinggal di sekitar perumahan, baik ibu rumah tangga, mahasiswa/i, karyawan, dan masyarakat lainnya yang menyukai dan hobi untuk memelihara hewan peliharaan.


E.     Kualitas Produk dan Pelayanan

Kami akan menjual makanan hewan yang memang sudah terbukti berkualitas, dan sudah memiliki merk brand bagus dan dikenal oleh para pecinta hewan. Dan juga kebutuhan hewan peliharaan seperti aksesoris, makan, shampo, vitamin dan mainan kucing yg unik dan berkualitas tinggi. Untuk pelayanan grooming kami akan mencari pegawai yang sudah berpengalaman baik dan memiliki skill dalam hal grooming hewan, dan untuk penitipan hewan, kami akan menyediakan tempat yang nyaman untuk para hewan, memberi makan dan membersihkan kotoran dengan teratur.


















BAB III
ASPEK USAHA DAN ASPEK PEMASARAN

A.    FASILITAS DAN PERALATAN USAHA
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu :
PERALATAN
JUMLAH
HARGA
Rak etalase
5
Rp. 2.500.000
Kandang
10
Rp. 3.000.000
Blower
2
Rp. 500.000
AC
1
Rp. 2.500.000
JUMLAH
RP. 8.500.000

B.     PRODUK YANG AKAN DIBELI UNTUK DIJUAL
Untuk produk yang akan kami jual seperti makanan, aksesoris, vitamin, dan obat-obatan akan dibeli dari distributor yang terpercaya kualitas dan harganya yang terjangkau, sehingga jika nanti akan dijual lagi harganya tidak terlalu mahal. Tidak semua produk kami beli, kami akan menawarkan distributor lain untuk menitipkan produknya di pet shop kami untuk kami jual lagi nantinya. Perkiraan produk yang kami akan jual diantara nya adalah seperti berikut:

No.
Jenis
Jumlah Total
Harga
1.
Makanan kucing dry food untuk kucing dewasa
5kg
Rp. 1.500.000
2.
Makanan kucing dry food untuk kucing kitten
5kg
Rp. 1.500.000
3.
Makanan kucing untuk hair and skin
5kg
Rp. 2.000.000
4.
Makanan kucing untuk kucing ras Persian
5kg
Rp. 2.000.000
5.
Makanan kucing untuk indoor & outdoor
5kg
Rp. 1.500.000
6.
Makanan kucing wet food untuk dewasa
5 dus
Rp. 2.000.000
7.
Makanan kucing wet food untuk kitten
5 dus
Rp. 2.000.000
8.
Makanan kering untuk anjing
5kg
Rp. 2.000.000
9.
Makanan basah untuk anjing
5dus
Rp 2.000.000
10.
Makanan kelinci
5 dus
Rp. 1.500.000
11.
Makanan Hamster
5 dus
Rp. 1.500.000
12.
Kebutuhan Hamster
-
Rp. 1.000.000
13.
Pasir Kucing & anjing
5 karung
Rp. 300.000
14.
Litter box
10 pcs
Rp. 200.000
15.
Aksesoris
-
Rp. 2.000.000
16.
Gunting kuku, sisir
-
Rp. 2.000.000
17.
Vitamin
-
Rp. 500.000
18.
Obat-obatan
-
Rp. 500.000
JUMLAH TOTAL
Rp. 26.000.000


C.    PROSES PELAYANAN
Proses produksi usaha ini diantaranya:
1.      Menyiapkan ruangan dan peralatan untuk memandikan hewan
2.      Menyiapkan dan menata produk-produk makanan yang akan dijual di rak etalase
3.      Melayani pelanggan yang datang ke toko
4.      Membersihkan hasil pekerjaan agar besok lebih baik (finishing)
D.    KONDISI PASAR

Terdapat banyak pesaing yang bergerak dibidang usaha yang sama. Tetapi disini bagaimana cara atau kreatifitas kita untuk menarik pelanggan tanpa membuat pesaing kita tidak merasa tidak senang dengan tindakan kita, yaitu dengan membuat promo atau potongongan harga, dan juga membuat harga produk dan pelayan yang berbeda dengan pet shop lain. Misalnya ditempat lain grooming kucing Rp. 90.000 – Rp. 200.000 ditempat kami hanya mulai dari Rp 60.000 – Rp. 80.000 dengan begitu pelanggan akan tertarik datang ke petshop kami.

E.     RENCANA PEMASARAN

Dalam memasarkan usaha Una Pet Shop memanfaatkan social media sebagai sarana utama promosi seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Selain itu juga kami akan memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut seperti cukup bercerita ke teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha kami ini, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat akan mengetahuinya. Dan juga kami akan membuat brosur tentang Una Pet shop dan harga grooming.



F.     POSITIONING

Una Pet shop menempatkan diri sebagai usaha dagang yang memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, didaerah perumahan di Jakarta Pusat dan sekitarnya dengan mementingkan kualitas pelayanan dan produk yang dijual.

BAB IV
ASPEK OPERASIONAL DAN ASPEK ORGANISASI

A.    LOKASI USAHA
Una Pet Shop ditempatkan di lokasi yang strategis didekat perumahan di Jakarta Pusat. Lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan perumahan yang kemungkinan kalau perumahan itu biasanya memiliki hewan peliharaan dan juga dekat dengan jalan raya tetapi agak menjorok kedalam agar tidak terlalu bising akibat kendaraan. Lokasi ini sangat mempengaruhi usaha ini.

B.     PROSES USAHA
Dalam melakukan usaha ini akan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari                 :  Senin-Minggu
Waktu             : 08.00-20.00 WIB

C.    ASPEK ORGANISASI
Nama Usaha                :  Una Pet Shop
Nama Pemilik              : Sandi Dwi Utami
Karyawan                    : -     Farhan Iman Kurnia dan Arif Afrizal  
( bagian grooming )
-          Iqbal maulana (bagian keuangan)
-          Irvan Effendi & Edwin Adikaputra (bagian pegawai )
Jobdesc
1.  Farhan Iman dan Arif Afrizal (Bagian Grooming)
Melakukan pengecekan hewan,memotong kuku hewan,membersihkan telinga,memandikan kucing dan melakukan pengeringan pada hewan

2. Iqbal Maulana (Bagian keuangan )
Melakukan pencatatan atas semua transaksi, pengelolaan, pengalokasian dana, serta melakukan pengordinasasian tugas dan fungsi
3. Edwin Adikaputra dan Irvan Effendi (Bagian Pegawai)
Edwin Adikaputra Sebagai kasir yang menerima pembayaran dan Irvan Effendi yang melayani pelanggan serta menjaga kebersihan PetShop
Alamat Tempat Usaha: Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Bentuk Badan Usaha  : Produk dan jasa
No. Telpon                  : 081286877559
Email                           : UnaPetShop@gmail.com



1.      PERIZINAN
Surat atau dokumen sangat diperlukan untuk mendapat izin dan memenuhi berbagai ketentuan peraturan hokum agar tidak ada kendala. Beberapa diantaranya:
1.      NPWN pribadi / NPWP perusahaan (Dirjen Pajak)
2.      Surat domisili usaha (Kecamatan )
3.      Surat TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
4.      Surat Izin Usaha Perdagangan dan Perusahaan / SIUPP
5.      Surat Izin Gangguan Lingkungan / HO (Kepolisian)
6.      Surat Izin Lingkungan (RT/RW)




2.      KEGIATAN PRA OPERASIONAL DAN JADWAL PELAKSANAAN
Kegiatan pra operasional merupakan bagian kegiatan dari usaha Una Pet Shop sebelum memulai kegiatan operasional. Berikut ini adalah table kegiatan pra operasional sampai dengan dimulainya kegiatan operasional Una Pet Shop:


No
Kegiatan
Jadwal Pelaksanaan (Dalam Mingguan)



1
2
3
4

1
Survey Pasar
x




2
Menyusun Rencana Usaha
x




3
Perizinan

X



4
Survey Tempat Usaha

x



5
Survey Peralatan

x



6
Pemasaran Sarana Penunjang


x

7
Uji Coba Pemasaran


x

8
Operasional



x

3.      URAIAN TUGAS
Masing-masing anggota memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah ditentukan, sehingga tidak akan terjadi bentrok atau kekacauan dari bagian satu dengan bagian yang lainnya. Untuk bagian yang ada di usaha kami yaitu terdapat bagian grooming (memandikan hewan), bagian pelayanan konsumen, dan bagian kasir. Berikut adalah jadwan dan tugas setelah kegiatan setelah kegiatan operasional Una Pet Shop mulai berjalan :
Tenaga yang ada adalah berjumlah 5 orang dengan jam kerja dari jam 08.00 s.d jam 20.00 WIB pada hari senin-minggu.
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masin;
1 orang sebagai kasir
2 orang sebagai petugas grooming
2 orang untuk melayani konsumen

4.      PERANAN DAN TANGGUNG JAWAB PERSONALIA
Masing-masing anggota dalan usaha Una Pet Shop ini memiliki tanggung jawab untuk memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen, sekaligus bersama-sama memberi masukan tentang bagaimana cara untuk memajukan usaha ini, serta mengedepankan kualitas produk dan pelayanan Una Pet Shop agar selalu diingat oleh konsumen.

5.      PERALATAN ADMINISTRASI USAHA

Pada usaha Una Pet Shop ini dibutuhkan peralatan administrasi guna mendukung kegiatan usaha. Berikut ini adalah table yang berisikan daftar abggaran yang digunakan untuk membeli perangkat administrasi usaha ini:
Peralatan Administrasi
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
Meja kasir
1
Rp. 1.500.000
Rp. 1.500.000
Mesin kasir
1
Rp. 700.000
Rp. 700.000
Kursi Kasir
1
Rp. 100.000
Rp. 100.000
Kursi tunggu
3
Rp. 100.000
Rp. 300.000
ATK

Rp. 100.000
Rp. 100.000
Total Harga Peralatan Administrasi
Rp. 2.500.000

Barang-barang diatas adalah barang untuk menunjang kegiatan usaha pada Una Pet Shop dimana umur ekonomisnya lebih dari satu tahun.
D.RISIKO DAN HAMBATAN
Risiko dan hambatan dari usaha ini adalah banyaknya pesaing yang dihadapi, yang sama-sama menjual produk dan pelajanan yang sama. Usaha mendirikan pet shop dikenakan pajak yang cukup tinggi. Selain itu, makanan, perlengkapan serta aksesorisnya masih banyak yang merupakan produk impor.













BAB V
ASPEK KEUANGAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA
A.    Aspek Keuangan
1.      Modal awal                                                           = Rp. 50.000.000
Biaya sewa tempat Rp. 700.000/bulan                 = Rp. 8.400.000 (setahun)
Biaya peralatan usaha dan dekorasi toko              = Rp. 8.500.000
Biaya peralatan administrasi                                 = Rp. 2.500.000
Biaya produk yang akan dijual                             = Rp. 26.000.000        -
                  Sisa Modal                                          = Rp. 4.600.000
2.      Rencana Usaha dan Perkiraan Laba
Ø  Grooming  = - mandi biasa Rp. 60.000 per ekor
*jika perbulan nya ada 20 konsumen yang datang untuk memandikan hewan peliharaannya berarti Rp. 60.000x20 = Rp 1.200.000 perbulan
= - mandi obat (jamur&kutu) Rp. 80.000 per ekor
* jika perbulan nya ada 20 konsumen yang datang untuk memandikan hewan peliharaannya dengan mandi obat berarti Rp. 80.000x20 = Rp 1.600.000 perbulan

Ø  Untuk penitipan dikenakan biaya Rp 50.000 perhari
*jika dalan sebulan ada 30 pelanggan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya di petshop kami maka Rp. 50.000 x 30 = Rp. 1.500.000
Maka dari pelayanan grooming dan penitipan hewan akan diperoleh Rp. 4.300.000 perbulan nya
Jenis Aksesosris, perlengkapan dan Makanan.
Harga per item:
1.      Tempat Makan hamster Rp. 5.000
2.      Rumah Hamster  Rp 15.000
3.       Kandang Hamster  Rp55.000
4.      Habitrail (Makanan Hamster) Rp. 50.000
5.       Serbuk kayu untuk Hamster  Rp. 5.000
6.      Tempat Makan Anjing/kucing  Rp. 20.000
7.      Dot Anjing/ Kucing  Rp. 20.000
8.      Gunting Kuku Anjing/ kucing Rp. 35.000
9.      Sisir anjing Rp. 20.000
10.  Rantai anjing dada Rp. 25.000
11.  Kerencengan Kucing  Rp. 25.000
12.  Kandang Anjing/kucing Rp. 250.000
13.  Makanan Kucing Whiskas-500 gr 18.000
14.  Makanan kucing persian royal canin-500gr Rp. 95.000
15.  Makanan kucing royal canin mother&baby 500gr Rp 90.000
16.  Makanan kucing whiskas wet food Rp. 5.000
17.  Makanan kucing friskies wet food kaleng Rp. 17.000
18.  Shampoo Hewan Rp. 45.000
19.  Spray Hewan Rp. 35.000
20.  Makanan Anjing-Pedigree-500 gr Rp. 20.500
21.  Baju hewan  Rp. 50.000
22.  Kalung Hewan Rp. 30.000
23.  Tali leher kucing Rp. 30.000
24.  Tas Hewan (Pet cargo) Rp. 150.000
25.  Tempat tidur Rp. 250.000
26.  Minyak ikan (perbotol isi 50) 35.000
27.  Vitamin kucing Rp. 97.000
Kami berhasil mendapatkan modal awal 50 juta yang berasal dari tabungan kami. Modal awal tersebut kami gunakan untuk membeli segala keperluan untuk memulai bisnis kami dan sisanya untuk keperluan lainnya. Kami menyadari bahwa untuk memulai bisnis ini kami tidak dapat bergantung hanya pada modal sendiri. Untuk kami juga berinisiatif berkerja sama dengan distributor yang menjual makanan dan kebutuhan hewan, selain itu kami ingin melakukan pinjaman kepada bank yang dapat memberikan kredit ringan untuk menunjang kelancaran usaha petshop ini.
Berikut adalah perincian operating cost yang kami keluarkan setiap bulan:
a. Fixed Cost
Tipe Fixed Cost : Fixed Cost Bulanan
Sewa Ruko
Rp 8.400.000
Gaji 5 orang karyawan Rp 10.000.000
Listrik, Telephone, Air Rp 2.000.000
Total Fixed Cost Bulanan Rp 20.400.000
b. Variable Cost
Tipe Variabel Cost
Fixed Cost Bulanan
Biaya pembelian Makanan Hewan
Rp 20.000.000
Biaya perawatan (salon) hewan Rp 5.000.000
Total Variabel Cost Bulanan Rp 25.000.000



B. Sumber Daya Manusia
1.      Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerja sama dengam distributor-distributor lainnya, sehingga produk-produk yang kami butuhkan untuk dijual dapat dengan mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang memasok barang yang kami butuhkan yaitu makanan hewan, peralatan hewan, dan kebutuhan hewan lainnya.

2.      Tenaga Kerja
Dalam bisnis Una Pet Shop ini kita membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai empati dan menyayangi hewan dan sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang merawat hewan (untuk bagian grooming). Disini diperlukan orang yang mau bekerja secara tekun/telaten, sabar menghadapi hewan yang menolak untuk dimandikan, kerja keras, bertanggung jawab, ramah, dan juga dapat menjaga kualitas dan pelayanan di petshop.

3.      Masyarakat sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat disekitar toko ini. Karena apabila kita tidak mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar bisa saja usaha kita tidak disenangi dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga kami dan karyawan lainnya sebagai pengusaha dan yang menjalankan usaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.




BAB VI
ANALISIS SWOT

A.    ANALISIS SWOT

1.      STRENGTH (Kekuatan)
Ø  Menyediakan makanan, peralatan, dan perlengkapan dengan kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau
Ø   Menerima jasa penitipan dan antar jemput kucing
Ø  Tempat Usaha di sekitar perumahan, sehingga warga yang memiliki hewan peliharaan di sekitar perumahan tersebut tidak perlu jauh-jauh membeli makanan dan kebutuhan hewan, dan juga tidak jauh membawa hewan kekamingannya untuk dimandikan.
Ø  Menyediakan lahan parkir yang luas dan bebas biaya parkir
Ø  Jenis usaha ini tidak rumit dan mudah dijalankan.

2.      WEAKNESS (Kelemahan)
Ø  Usaha ini membutuhkan modal yang besar
Ø  tidak banyak peralatan yang dijual di tempat ini dan tempat ini juga tidak menjual hewan peliharaan.
Ø  Tempat usaha yang belum permanent karena keterbatasab modal.

3.      OPPORTUNITIES (Peluang)
Dengan pertimbangan modal yang terbatas, dimungkinkan akan menghasailkan laba yang relatif besar. Sehingga dirasa lebih mudah untuk melakukan ekspansi usahanya. Dan juga biasanya banyak pemilik hewan peliharaan yang malas untuk memandikan atau merawat hewan sendiri. Untuk hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, natal, dan tahun baru banyak yang pergi keluar kota, kemungkinan besar akan menitipkan hewan peliharaannya ke petshop (bagi yang mempunyai hewan peliharaan).

4.      THREATS (Ancaman)
Ø  Selama ini usaha sejenis memiliki modal yang relatif besar sehingga dirasa lebih mudah untuk melakukan ekspansi usahanya.
Ø  Banyaknya pesaing yg berjualan secara online
Ø  Banyaknya yang menjual produk makanan hewan di supermarket






                                                  







PENUTUP
Kesimpulan
Bermula dari sebuah hobi senang memelihara hewan kekamingan, ditambah dengan tinggimnya minat masyarakat untuk memelihara hewan, membuat kami ingin menggeluti bisnis ini. Karena pet shop merupakan bisnis yang sederhana dan mudah dikelola, walaupun membutuhkan modal yang lumayan besar dan banyak pesaing nya, inilah yang menjadi tantangan tersendiri untuk tidak takut mencobanya. Tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.
Bisnis yang akan kami jalan kan ini adalah bisnis petshop yang akan kami beri nama Una pet shop. Karena kebetulan kami pecinta kucing. Una pet shop akan menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, tempat penitipan hewan, serta menjual kebutuhan dan keperluan hewan seperti aksesoris, makanan, shampo, obat cacing, vitamin, mainan hewan peliharaan dan lain-lain.
Usaha yang kami ingin bangun ini bertujuan untuk menyalurkan pengetahuan hobi kami. Kami juga ingin menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli kepada hewan-hewan. Semoga dengan adanya petshop ini kami bisa mensejahterakan hewan-hewan yang kelaparan dan butuh tempat untuk berteduh.
Demikian proposal ini kami susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang kami dirikan dapat dikabulkan. Proposal ini bertujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha. Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan mencapai keberhasilan. Kami menyimpulkan bahwa berdirinya usaha ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini. Selain itu kami mendirikan usaha ini untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti ini


DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUKA USAHA DENGAN 7 MARKETING MIX

PROMOSI PT DANONE