PROMOSI PT DANONE


Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Danone pada produk Aqua adalah:

a.       Melakukan aktivitas promosi below the line maupun above the line
b.      Mengadakan program 1 untuk 10. Sebagai bentuk kepedulian aquamasyarakat untuk membantu daerah di Indonesia yang kekurangan airmaka Aqua membuat promosi dengan membeli Aqua 1 liter maka akanmembantu air bersih sejumlah 10 liter. Program ini dapat menunjukkankepada masyarakat bahwa Aqua peduli pada masyarakat khususnyamasyarakat Indonesia
c.       Mengadakan event atau program berupa AQUA family, meningkatkanemosional dan pemeliharaan konsumen. Event ini cukup menarik karena dapat meningkatkan brand loyalty, karena di acara ini Aquatidak menjual produknya sehingga masyarakat tidak terpaksa untuk membeli produk Aqua. Event ini menjadi wadah bagi Aqua untuk mempersatukan keluarga yang telah mengkonsumsi produk Aqua. Ini juga merupakan cara Aqua mendekatkan diri kepada keluarga Indonesia - biar mereka lebih loyal dan merasakan benefit menjadi komunitas Keluarga Sehat Aqua.
d.      Mengadakan event Danone Nations cup Indonesia. Acara ini adalahacara sepakbola yang disponsori oleh Aqua. Dalam acara ini akandiseleksi tim sepakbola dari Indonesia untuk mewakili Indonesia dalamtournament Danone Nations Cup di Perancis.


BENTUK-BENTUK STRATEGI PROMOSI AQUA

Strategi Promosi Aqua untuk mendekatkan diri pada keluarga Indonesia adalah:
a.       Above the line
1)      Billboard : Menempatkan Billboard yang berisikan programtentang pentingnya hidup sehat dan Billboard tentang program 1untuk 10
2)      Print Ad : Menempatkan iklan-iklan menarik pada media cetak seperti majalah dan tabloid remaja, dan adlibs di stasiun radio remaja.
3)      TV Commercial : Memasang iklan tentang pentingnya bahaya mengisi galon kosong Aqua dengan air isi ulang karena dapat mengakibatkan kesehatan keluarga terganggu dengan air yang tidak bersih.
b.       Below the line
1)      Melakukan aktivitas promosi dengan menggelar beberapa evenyang berkaitan dengan keluarga seperti Aqua Family dan Danone Nations Cup
2)      Melakukan In Store activation pada pusat-pusat perbelanjaan, hypermart dan supermarket
3)      Melakukan kampanye tentang hidup sehat dimulai dari air yangkita minum. Karena jika air yang kita minum tidak sehat, makadapat menimbulkan beberapa penyakit di masa yang akan datang.

Melalui Strategi Promosi ini Aqua mencoba untuk mendekatkan dirikepada masyarakat Indonesia tentang pentingnya hidup sehat. Hidup sehat yang disini adalah dengan meminum air 8 gelas sehari. Air yang diminum disini adalah dengan meminum Aqua, karena hidup sehat dimulai dari air yang kita minum. Selain itu Aqua juga mengadakan event yang bermanfaat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.
Dalam iklannya, AQUA menekankan sumber mata air dan proses produksi. Sumber-sumber mata air  AQUA adalah―sumber mata air yang benar - benar mengalir, bukan air bawah tanah yang dipompa ke permukaan. Merk air kemasan lain yang diproduksi oleh AQUA Grup menggunakan air yang dipompa, namun tidak menggunakan nama AQUA.

Beberapa truk yang dilengkapi dengan tangki baja bermuatan10.000 liter mengangkut air ke pabrik pemrosesan. Disana, air dimurnikan.Tidak ada bahan kimia, mineral, atau penambah rasa yang ditambahkan. Setelah pemrosesan, AQUA dikemas dalam kontainer skala besar untuk penjualan secara eceran atau untuk ekspor.

Di Jakarta, AQUA mengirimkan air bersih untuk memenuhi kapal-kapal perang dengan menggunakan truk tangki baja yang dimiliki.Kontrol kualitas sangatlah penting pada AQUA perusahaan memiliki laboratorium modern untuk menguji produknya dan staf peneliti yang tinggal di dalam perusahaan, ahli mikrobiologi, dan ahli kimia. Bahkan untuk memenuhi standar air kemasan, AQUA telah diakui oleh PBB, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika, Agen Perlindungan Lingkungan Amerika, dan Asosiasi Air Kemasan Internasional.

Pada tahun 1991, pegawai kesehatan di Jawa Timur melaporkan bahwa telah ditemukan mikroorganisme di beberapa merek air minum kemasan yang dijual di Surabaya yang telah memenuhi standar aman air. Salah satunya adalah AQUA. Bahkan, setumpuk  AQUA memancarkan bau busuk klorin. AQUA segera mengambil langkah untuk memastikan bahwa standar keamanan telah dipenuhi oleh seluruh pabriknya. Untuk menetralisir publisitas yang terlanjur buruk mengenai kontaminasi AQUA botol di Jawa Timur, perusahaan mengintensifkan kebijakan ―transparansi‖ yang berkaitan dengan kunjungan ke fasilitas-fasilitas produksi. Arus perhatian pejabat pemerintah dan perwakilan darikelompok-kelompok pemerhati yang hampir terus menerus mengunjungi fasilitas-fasilitas AQUA sepanjang tahun.

Kendali kualitas hilir sangat penting. Selain toko-toko yang menjual produknya secara eceran, AQUA  juga dijual oleh para pedagang kaki limayang menjual rokok, minuman ringan, makanan ringan, dan kadang bensinuntuk sepeda motor. Seringnya, tempat-tempat penjualan seperti itu tidak dapat menjaga produk AQUA dari sinar langsung matahari, debu, dan bau busuk yang menyengat yang dapat berdampak pada air minum kemasan diluar kontainer. Meski kontainer PET yang digunakan AQUA adalah kontainer non-kaca terbaik yang tersedia, namun tetap saja dapat ditembus air dalam kondisi/derajat tertentu. Penanganan dan penyimpanan yang tepatadalah harus untuk menghindari kerusakan produk. AQUA dan agen pemasarannya, PT Wirabuana Intrent, menyediakan pelatihan dan pengecekan lapangan untuk memastikan bahwa para pedagang asongan mencegah terjadinya kontaminasi.

Pertanyaan:
Berikan pendapat anda mengenai strategi promosi yang dilakukan olehperusahaan Danone untuk produk Aqua? Apakah promosi ini dapatdilakukan di negara lain selain Indonesia? Cobalah untuk merancangstrategi promosi global untuk produk Aqua DANONE.



JAWABAN:

Dari pertanyaan di atas saya memiliki jawaban saya sendiri, menurut saya promosi yang di lakukan danone di indonesia bisa di lakukan di negara lain, itu tergantung apa promosiya karna danone banyak sekali melakukan berbagai jenis promosi.

CONTOH:

1. PROMOSI PT.DANONE DI INDONESIA YANG BISA DI LAKUKAN DINEGARA LAIN

a).Promosi PT. Danone menjadi sponsor olah raga sepak bola atau pun pesta olahraga olimpiade

PT. DANONE pernah membuat turnamen olahraga sepak bola yang diikuti berbagai negara hal ini dilakukan untuk melihat potensi muda dan juga membuat danone lebih di kenal di berbagai negara

b).Promosi selanjutnya yaitu seperti yang produk aqua lakukan yaitu 1 liter untuk 10 liter air bersih untuk daerah di indonesia  yang kekurangan air bersih menurut saya ini bisa di lakukan untuk negara lain yang sangat membutuhkan pasokan air bersih seperti afrika

2.PROMOSI PT.DANONE DI INDONESIA  YANG TIDAK BISA DI LAKUKAN DI NEGARA LAIN

a). Promosi PT.DANONE produk aqua seperti memberikan saran jika kurang fokus harus minum aqua atau ada aqua yang bisa mengatasi kurang fokus anda. Menurut saya ini tidak bisa di lakukan di negara lain karena di negara lain banyak sekali minuman air putih dalam kemasan yang sangat berkualitas dari aqua

 STRATEGI PROMOSI GLOBAL UNTUK PRODUK AQUA

Melakukan promosi secara global pasti berbeda di setiap daerah karna adanya perbedaan budaya
AQUA harus melakukan pembedaan dari desain  kemasan dan harus mengetahui budaya daerah yang ingin di lakukan promosi

Strategi Promosi Global Untuk Produk AQUA versi saya Aqua harus memasarkannya lewat iklan video youtube dan mengadakan event di negara tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Usaha Petshop kelompok 3

MEMBUKA USAHA DENGAN 7 MARKETING MIX