Soal.
1.Cari Jurnal faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan atau determinasi (jangan basic kaya harga jual mempengaruhi penjualan itu gaboleh ) minimal 5 faktor jelaskan faktornya dan cara mengukurnya !
Jawab :
Judul Jurnal :Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Mobil Sigra Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang
Penulis:Yunita Anggreini Lestari Labanu, Harry J Sumampouw, dan Lucky F Tamengkel
Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan:
Menurut Basu Swatha (2005:65)
berpendapat bahwa volume penjualan
merupakan penjualan bersih dari laporan
laba perusahaan. Penjualan bersih
diperoleh melalui hasil penjualan seluruh
produk (produk lini) selama jangkah waktu
tertentu dan hasil penjualan yang dicapai
dari market share (pangsa pasar) yang
merupakan penjualan potensial yang terdiri
dari kelompok pembeli selama jangka
waktu tertentu
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan antara lain:
1. Kualitas barang
.2. Selera konsumen
3. Servis Konsumen
4. Persaingan menurunkan harga jual.
Cara Mengukurnya:
METODE PENELITIAN
Metode penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Data
yang dicari dari penelitian ini adalah data
penjualan mobil sigra dari perusahaan dan data kuesioner yang dibagikan kepada
konsumen, yang diperoleh berdasarkan
pembagian kuesioner, wawancara dan
observasi. Tempat pelaksaan penelitian
adalah pada PT. Astra International Tbk
Daihatsu Cabang Malalayang. Adapun
penelitian ini di adalah dari bulan oktober
2017- selesai.
ALAT UKUR YANG DIGUNAKAN
Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skali likert yang
menggunakan interval penelitian setiap
jawaban responden dengan skala angka 1
sampai 5. Skala likert ialah skala yang
dapat dipergunakan untuk mengukur sikap,
pendapat, dan perspeksi seseorang atau
sekelompok orang tentang suatu gejala
atau fenomena pendidikan. Skala likert
adalah suatu skala psikometrik yang umum
digunakan dalam kuesioner, dan
merupakan skala yang paling banyak
digunakan dalam riset berupa survei
(Djaali 2008 : 28).
TEKNIK ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN
Teknik analisis data yang
digunakan yaitu koefisien determinan dan
korelasi, dan analisis regresi sederhana.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Adapun rumus untuk menghitung
nilai korelasi adalah sebagai berikut :
Koefisien Korelasi Produk Moment
(r) akan menunjukkan derajat korelasi atau
tingkat keeratan hubungan antara variabel
bebas X dan variabel terikat Y.Hasil yang didapat menyatakan
hubungan promosi terhadap tingkat
penjualan adalah sebesar r = 0,523, yang
berarti terdapat hubungan korelasi kuat
antara promosi dan tingkat penjualan
KOEFISIEN DETERMINAN
Hasil yang di dapat menyatakan
pengaruh promosi terhadap tingkat
penjualan adalah sebesar R2 = 27,3%,
yang berarti terdapat pengaruh korelasi
cukup kuat antara promosi dan tingkat
penjualan
ANALISIS REGRESI BERGANDA
Analisis regresi sederhana adalah
hubungan secara linier antara satu variabel
independen (X) dengan variabel dependen
(Y). Analisis ini untuk mengetahui arah
hubungan antara variabel independen
dengan variabel dependen apakah positif
atau negatif dan untuk memprediksi nilai hipotesis Ho di tolak dan menerima
hipotesis HA. Berdasarkan data yang
didapat maka dapat disimpulkan bahwa
pengaruh promosi terhdap tingkat
penjualan mobil sigra berada pada tingkat
korelasi cukup kuat yaitu sebesar 27,3%,
sedangkan 72,7% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Pada bab ini dijabarkan kesimpulan
dari hasil penelitian yang sudah dilakukan,
berdasarkan hasil pembahasan diperoleh
kesimpulan sebagai berikut :
- Pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan menyatakan korelasi cukup, ditunjukkan dari hasil koefisien determinan dengan skor 27,3%. Untuk 71,3% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
- Hasil penelitian regresi sederhana nilai a = konstan ɑ = 19,05 dan b = nilai koefisien regresi 0,15 yang menyatakan persamaan ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap tingkat penjual pada PT. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Malalayang
- Hasil di atas uji keberartian korelasi ini adalah “ada hubungan yang nyata dan signifikan antara variabel X (promosi) dan Y (tingkat penjualan) pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang”. Karena nilai thitung sebesar 5,095 lebihbesar > nilai ttabel sebesar 1,994, dapat di simpulkan bahwa hipotesis Ho di tolak dan menerima hipotesis HA.
Adapun saran dalam penelitian ini yaitu :
- PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang harus lebih memperhatikan apa yang menjadi faktorfaktor yang dapat meningkatkan tingkat penjualan seperti faktor harga, tempat, produk, service konsumen, service produk dan lain sebagainya.
- PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang harus dapat mempertahankan dan meningkatkan cara-cara dalam melakukan promosi sehingga dapat mencapai target penjualan perusahaan.
- PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang harus mampu meningkatkan tingkat penjualan mobil sigra agar dapat mengalahkan penjualan dari mobil calya yang diproduksi oleh Toyota.
Komentar
Posting Komentar