Tugas Usaha Petshop kelompok 3
Una PetShop
Arif Afrizal
Edwin Adikaputra
Farhan Iman Kurnia
Iqbal Maulana
Irvan Effendi
Sandi Dwi Utami
4EA10
Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Perkembangan masyarakat
yang memelihara hewan peliharaan terutama anjing dan kucing semakin banyak pada
saat ini. Kebanyakan masyarakat merasa tertarik untuk memelihara anjing dan
kucing karena hewan ini memiliki karakter dan fungsi yang beragam misalnya anjing
dapat membantu manusia untuk menjaga rumah, pencarian jejak orang bagi
kepolisian, penyelamat, dan anjing juga bisa menjadi sahabat yang setia,
menyenangkan, dan karena kesetiaannya anjing disebut man’s best friend.
Oleh sebab itu banyak
masyarakat yang merasa tertarik untuk memelihara anjing. Walaupun anjing juga
disebut sebagai man’s best friend dan banyak dipelihara, tetapi tidak semuanya
memilih anjing sebagai hewan peliharaannya. Banyak juga masyarakat yang merasa
tertarik untuk memelihara kucing karena kucing memiliki karakter dan sifat yang
manja, lincah dan aktif sehingga banyak masyarakat yang merasa terhibur dengan
memelihara kucing di rumahnya.
Bisnis pet shop menjadi salah satu bisnis unggulan
terutama di kota-kota besar. Kecintaan dan rasa kaming yang besar terhadap
hewan peliharaan membuat para pecinta hewan rela melakukan yang terbaik untuk
merawat dan member rasa nyaman hewan peliharaannya. Perlakuan khusus tersebut
bukan hanya member perhatian dan memberi makan saja, tetapi juga melakukan
perawatan rutin dan mempercantik penampilan hewan peliharaannya.
Usaha pet shop yaitu
sebuah usaha yang bergerak dibidang penyediaan produk/jasa bagi keperluan
hewan. Pecinta binatang sangat diuntungkan dengan hadirnya pet shop didaerah
mereka. Sebab akan memudahkan para pecinta binatang untuk mencari
kebutuhan/keperluan hewan peliharaannya.
2.
Visi
dan Misi
§ Visi
o
Take care, protect, and love them
o
Menjadi petshop yang mesejahterakan
hewan dan menjadi pilihan utama para pemilik hewan peliharaan.
§ Misi
o
Meningkatkan pelayanan dalam perawatan
hewan
o
Ikut mendorong pemerintah agar lebih
berperan dalam kepedulian terhadap hewan
o
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk
lebih peduli terhadap hewan.
o
Berupaya menjadi petshop yang memiliki
pegawai yang handal, jujur, dan disiplin.
3.
Tujuan kami Mendirikan Usaha Ini
1. Berupaya
menjadi petshop yang dapat mensejahterakan hewan
2. Mengembangkan
dan menyalurkan hobi kami yang menyayangi hewan peliharaan
3.
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk
menyayangi, merawat, melindungi, dan lebih perduli terhadap hewan
4.
Gambaran usaha yang ingin kami jalankan
Kami ingin membuka
usaha yang dasar nya dari hobi kami, yaitu membuka usaha petshop. Di petshop
ini kami menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing,
dimana para pecinta hewan dapat membawa hewan peliharaannya untuk dimandikan
dan diberi perawatan. Kami juga menjual kebutuhan dan alat perawatan hewan
peliharaan, seperti makanan, shampo, aksesoris, mainan hewan peliharaan,
vitamin dan obat-obatan hewan, gunting kuku dan sisir, pasir dan litter box,
dan juga kandang. Pelayanan lainnya adalah penitipan hewan peliharaan, yang
dimana para pemilik hewan peliharaan dapat menitipkan hewan peliharaannya.
Jadi, jika para pemilik hewan peliharaan ingin pergi keluar kota untuk mudik
misalnya, tidak khawatir dan bingung lagi memikirkan hewan peliharaannya.
BAB II
PROFIL USAHA
A.
Deskripsi
Umum Usaha
Hobi yang tersalurkan
dengan baik, bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis
akan hobi, akan sangat mudah sekali dikerjakan dan dijalani oleh pelaku
bisnisnya. Tak heran jika banyak yang berhasil membangun usaha yang berawal
dari sebuah hobi. Salah satu bisnis tersebut ialah usaha pet shop.
Bermula dari sebuah hobi senang
memelihara hewan kekamingan, ditambah dengan tinggimnya minat masyarakat untuk
memelihara hewan, membuat kami ingin menggeluti bisnis ini. Karena pet shop
merupakan bisnis yang sederhana dan mudah dikelola, walaupun membutuhkan modal
yang lumayan besar dan banyak pesaing nya, inilah yang menjadi tantangan
tersendiri untuk tidak takut mencobanya. Tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan
yang lumayan besar juga.
Bisnis yang akan kami
jalan kan ini adalah bisnis petshop yang akan kami beri nama Una pet shop. Una
pet shop akan melakukan bisnis dengan model
one stop service, artinya semua jenis pelayanan terhadap kebutuhan hewan
akan dilayani guna menambah pemasukan, memperluas sasaran, menarik konsumen
sebanyak-banyaknya dan menciptakan keprofesionalan.
Una pet shop akan
menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, tempat
penitipan hewan, serta menjual kebutuhan dan keperluan hewan seperti aksesoris,
makanan fresh pack/repack, shampo, obat cacing, vitamin, mainan hewan
peliharaan dan juga pet cargo (travel bag untuk membawa hewan peliharaan.
Berikut ini akan kami
jelaskan apa saja elemen yang ditawar kan di petshop kami yang berbeda dengan
petshop lain, yaitu sebagai berikut:
1. Produk
yang berkualitas tinggi
Kami
akan menjual makanan hewan yang memang sudah terbukti berkualitas, dan sudah memiliki
merk brand bagus dan dikenal oleh para pecinta hewan. Dan juga kebutuhan hewan
peliharaan seperti aksesoris, makan, shampo, vitamin dan mainan kucing yg unik
dan berkualitas tinggi.
2. Pegawai
yang profesional
Pegawai
menjadi peranan penting dalam usaha ini, pegawai yang direkrut adalah pegawai
yang sudah berpengalaman dan mengerti tentang perawatan hewan peliharaan. Una
pet shop akan menanamkan sikap ramah kepada setiap konsumen yang datang.
3. Gerai
yang nyaman dan menarik
Una
pet shop akan memberikan kenyaman untuk para konsumen yang datang, membuat
konsumen merasa betah menunggu hewan kekamingan perawatan. Una pet shop juga
akan di desain seperti minimarket untuk hal penjualan produk nya, seperti
aksesoris, makanan, peralatan grooming atau salon hewan (shampoo, conditioner,
gunting kuku, sisir, dll). Una pet shop juga akan menjadi tampat penitipan
hewan yang nyaman untuk hewan peliharaan, dengan peralatan yang lengkap dan
berkualitas.
4.
Harga yang ditawarkan relative murah dan
terjangkau.
B.
Strategi
Pemasaran
o
Melakukan survey tentang hewan
peliharaan yang paling banyak diwilayah pet shop didirikan, sehingga dapat
memfokuskan apa saja yang akan dijual.
o
Dalam memasarkan pet shop ini, kami akan
memanfaatkan social media sebagai media utama promosi. Media kedua nya kami
akan membuat brosur dan menyebarkan nya ke rumah-rumah sekitar petshop kami,
ditambahkan dengan kelebihan-kelebihan yang ada di petshop kami sehingga
pecinta hewan akan lebih tertarik dengan petshop kami.
o
Memasang spanduk di depan petshop kami
agar para pecinta hewan tahu bahwa ada petshop diwilayahnya.
o
Membuat fanpage dan group di media
social seperti facebook, twitter, dan instagram untung berbagi tentang cara
merawat hewan sekaligus menjadi ajang promosi untuk petshop kami.
C.
Lokasi
Lokasi petshop yang kami
dirikan akan ditempat kan di lokasi yang strategis dan mudah untuk diakses
pelanggan, yaitu dekat dengan perumahan di Jakarta Pusat. Kami akan mencari
kios/ruko yang siap untuk disewakan untuk petshop kami. Kami akan memilih
tempat yang menjorok kedalam, sehingga tidak terlalu dekat dengan jalan raya.
Karena suara bising kendaraan akan membuat hewan menjadi lebih mudah stress.
D.
Target
Konsumen
Lokasi yang akan
didirikan bisnis ini cukup strategis jika dilihat dari segi tempat terhadap
jumlah orang yang berlalu lalang dan tinggal disana. Target konsumen usaha kami
adalah warga yang bertempat tinggal di sekitar perumahan, baik ibu rumah
tangga, mahasiswa/i, karyawan, dan masyarakat lainnya yang menyukai dan hobi
untuk memelihara hewan peliharaan.
E.
Kualitas
Produk dan Pelayanan
Kami akan menjual
makanan hewan yang memang sudah terbukti berkualitas, dan sudah memiliki merk
brand bagus dan dikenal oleh para pecinta hewan. Dan juga kebutuhan hewan
peliharaan seperti aksesoris, makan, shampo, vitamin dan mainan kucing yg unik
dan berkualitas tinggi. Untuk pelayanan grooming kami akan mencari pegawai yang
sudah berpengalaman baik dan memiliki skill dalam hal grooming hewan, dan untuk
penitipan hewan, kami akan menyediakan tempat yang nyaman untuk para hewan,
memberi makan dan membersihkan kotoran dengan teratur.
BAB
III
ASPEK
USAHA DAN ASPEK PEMASARAN
A.
FASILITAS
DAN PERALATAN USAHA
Dalam
kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal
sendiri, yaitu :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Rak etalase
|
5
|
Rp. 2.500.000
|
Kandang
|
10
|
Rp. 3.000.000
|
Blower
|
2
|
Rp. 500.000
|
AC
|
1
|
Rp. 2.500.000
|
JUMLAH
|
RP. 8.500.000
|
B.
PRODUK
YANG AKAN DIBELI UNTUK DIJUAL
Untuk produk yang akan kami jual seperti makanan,
aksesoris, vitamin, dan obat-obatan akan dibeli dari distributor yang
terpercaya kualitas dan harganya yang terjangkau, sehingga jika nanti akan
dijual lagi harganya tidak terlalu mahal. Tidak semua produk kami beli, kami
akan menawarkan distributor lain untuk menitipkan produknya di pet shop kami
untuk kami jual lagi nantinya. Perkiraan produk yang kami akan jual diantara
nya adalah seperti berikut:
No.
|
Jenis
|
Jumlah Total
|
Harga
|
1.
|
Makanan kucing dry food untuk kucing dewasa
|
5kg
|
Rp. 1.500.000
|
2.
|
Makanan kucing dry food untuk kucing kitten
|
5kg
|
Rp. 1.500.000
|
3.
|
Makanan kucing untuk hair and skin
|
5kg
|
Rp. 2.000.000
|
4.
|
Makanan kucing untuk kucing ras Persian
|
5kg
|
Rp. 2.000.000
|
5.
|
Makanan kucing untuk indoor & outdoor
|
5kg
|
Rp. 1.500.000
|
6.
|
Makanan kucing wet food untuk dewasa
|
5 dus
|
Rp. 2.000.000
|
7.
|
Makanan kucing wet food untuk kitten
|
5 dus
|
Rp. 2.000.000
|
8.
|
Makanan kering untuk anjing
|
5kg
|
Rp. 2.000.000
|
9.
|
Makanan basah untuk anjing
|
5dus
|
Rp 2.000.000
|
10.
|
Makanan kelinci
|
5 dus
|
Rp. 1.500.000
|
11.
|
Makanan Hamster
|
5 dus
|
Rp. 1.500.000
|
12.
|
Kebutuhan Hamster
|
-
|
Rp. 1.000.000
|
13.
|
Pasir Kucing & anjing
|
5 karung
|
Rp. 300.000
|
14.
|
Litter box
|
10 pcs
|
Rp. 200.000
|
15.
|
Aksesoris
|
-
|
Rp. 2.000.000
|
16.
|
Gunting kuku, sisir
|
-
|
Rp. 2.000.000
|
17.
|
Vitamin
|
-
|
Rp. 500.000
|
18.
|
Obat-obatan
|
-
|
Rp. 500.000
|
JUMLAH TOTAL
|
Rp. 26.000.000
|
C. PROSES PELAYANAN
Proses
produksi usaha ini diantaranya:
1. Menyiapkan
ruangan dan peralatan untuk memandikan hewan
2. Menyiapkan
dan menata produk-produk makanan yang akan dijual di rak etalase
3. Melayani
pelanggan yang datang ke toko
4. Membersihkan
hasil pekerjaan agar besok lebih baik (finishing)
D.
KONDISI
PASAR
Terdapat banyak pesaing yang bergerak dibidang usaha
yang sama. Tetapi disini bagaimana cara atau kreatifitas kita untuk menarik
pelanggan tanpa membuat pesaing kita tidak merasa tidak senang dengan tindakan
kita, yaitu dengan membuat promo atau potongongan harga, dan juga membuat harga
produk dan pelayan yang berbeda dengan pet shop lain. Misalnya ditempat lain
grooming kucing Rp. 90.000 – Rp. 200.000 ditempat kami hanya mulai dari Rp
60.000 – Rp. 80.000 dengan begitu pelanggan akan tertarik datang ke petshop
kami.
E.
RENCANA
PEMASARAN
Dalam memasarkan usaha Una Pet Shop memanfaatkan
social media sebagai sarana utama promosi seperti facebook, instagram, twitter,
dan lain sebagainya. Selain itu juga kami akan memasarkannya dengan cara dari
mulut ke mulut seperti cukup bercerita ke teman-teman atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kami ini, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat
akan mengetahuinya. Dan juga kami akan membuat brosur tentang Una Pet shop dan
harga grooming.
F.
POSITIONING
Una Pet shop menempatkan diri sebagai usaha dagang
yang memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, didaerah
perumahan di Jakarta Pusat dan sekitarnya dengan mementingkan kualitas
pelayanan dan produk yang dijual.
BAB
IV
ASPEK
OPERASIONAL DAN ASPEK ORGANISASI
A. LOKASI USAHA
Una
Pet Shop ditempatkan di lokasi yang strategis didekat perumahan di Jakarta
Pusat. Lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan perumahan yang
kemungkinan kalau perumahan itu biasanya memiliki hewan peliharaan dan juga
dekat dengan jalan raya tetapi agak menjorok kedalam agar tidak terlalu bising
akibat kendaraan. Lokasi ini sangat mempengaruhi usaha ini.
B. PROSES USAHA
Dalam
melakukan usaha ini akan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari : Senin-Minggu
Waktu : 08.00-20.00 WIB
C. ASPEK ORGANISASI
Nama
Usaha : Una Pet Shop
Nama
Pemilik : Sandi Dwi Utami
Karyawan :
- Farhan Iman Kurnia dan Arif Afrizal
( bagian grooming )
-
Iqbal maulana (bagian keuangan)
-
Irvan Effendi & Edwin Adikaputra (bagian
pegawai )
Jobdesc
1.
Farhan Iman dan Arif Afrizal (Bagian Grooming)
Melakukan
pengecekan hewan,memotong kuku hewan,membersihkan telinga,memandikan kucing dan
melakukan pengeringan pada hewan
2.
Iqbal Maulana (Bagian keuangan )
Melakukan
pencatatan atas semua transaksi, pengelolaan, pengalokasian
dana, serta melakukan pengordinasasian tugas dan fungsi
3.
Edwin Adikaputra dan Irvan Effendi (Bagian Pegawai)
Edwin
Adikaputra Sebagai kasir yang menerima pembayaran dan Irvan Effendi yang melayani
pelanggan serta menjaga kebersihan PetShop
Alamat
Tempat Usaha: Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Bentuk
Badan Usaha : Produk dan jasa
No.
Telpon : 081286877559
1. PERIZINAN
Surat
atau dokumen sangat diperlukan untuk mendapat izin dan memenuhi berbagai
ketentuan peraturan hokum agar tidak ada kendala. Beberapa diantaranya:
1. NPWN
pribadi / NPWP perusahaan (Dirjen Pajak)
2. Surat
domisili usaha (Kecamatan )
3. Surat
TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
4. Surat
Izin Usaha Perdagangan dan Perusahaan / SIUPP
5. Surat
Izin Gangguan Lingkungan / HO (Kepolisian)
6. Surat
Izin Lingkungan (RT/RW)
2. KEGIATAN PRA OPERASIONAL DAN JADWAL
PELAKSANAAN
Kegiatan
pra operasional merupakan bagian kegiatan dari usaha Una Pet Shop sebelum
memulai kegiatan operasional. Berikut ini adalah table kegiatan pra operasional
sampai dengan dimulainya kegiatan operasional Una Pet Shop:
No
|
Kegiatan
|
Jadwal
Pelaksanaan (Dalam Mingguan)
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Survey Pasar
|
x
|
|
|
|
|
2
|
Menyusun Rencana
Usaha
|
x
|
|
|
|
|
3
|
Perizinan
|
|
X
|
|
|
|
4
|
Survey Tempat Usaha
|
|
x
|
|
|
|
5
|
Survey Peralatan
|
|
x
|
|
|
|
6
|
Pemasaran Sarana
Penunjang
|
|
|
x
|
|
|
7
|
Uji Coba Pemasaran
|
|
|
x
|
|
|
8
|
Operasional
|
|
|
|
x
|
|
3. URAIAN TUGAS
Masing-masing
anggota memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang
telah ditentukan, sehingga tidak akan terjadi bentrok atau kekacauan dari
bagian satu dengan bagian yang lainnya. Untuk bagian yang ada di usaha kami
yaitu terdapat bagian grooming (memandikan hewan), bagian pelayanan konsumen,
dan bagian kasir. Berikut adalah jadwan dan tugas setelah kegiatan setelah
kegiatan operasional Una Pet Shop mulai berjalan :
Tenaga
yang ada adalah berjumlah 5 orang dengan jam kerja dari jam 08.00 s.d jam 20.00
WIB pada hari senin-minggu.
Bisnis
ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masin;
1
orang sebagai kasir
2
orang sebagai petugas grooming
2
orang untuk melayani konsumen
4. PERANAN DAN TANGGUNG JAWAB
PERSONALIA
Masing-masing
anggota dalan usaha Una Pet Shop ini memiliki tanggung jawab untuk
memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen, sekaligus bersama-sama memberi
masukan tentang bagaimana cara untuk memajukan usaha ini, serta mengedepankan
kualitas produk dan pelayanan Una Pet Shop agar selalu diingat oleh konsumen.
5. PERALATAN ADMINISTRASI USAHA
Pada
usaha Una Pet Shop ini dibutuhkan peralatan administrasi guna mendukung
kegiatan usaha. Berikut ini adalah table yang berisikan daftar abggaran yang
digunakan untuk membeli perangkat administrasi usaha ini:
Peralatan
Administrasi
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
Meja kasir
|
1
|
Rp. 1.500.000
|
Rp. 1.500.000
|
Mesin kasir
|
1
|
Rp. 700.000
|
Rp. 700.000
|
Kursi Kasir
|
1
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
Kursi tunggu
|
3
|
Rp. 100.000
|
Rp. 300.000
|
ATK
|
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
Total
Harga Peralatan Administrasi
|
Rp.
2.500.000
|
Barang-barang diatas
adalah barang untuk menunjang kegiatan usaha pada Una Pet Shop dimana umur
ekonomisnya lebih dari satu tahun.
D.RISIKO
DAN HAMBATAN
Risiko
dan hambatan dari usaha ini adalah banyaknya pesaing yang dihadapi, yang
sama-sama menjual produk dan pelajanan yang sama. Usaha mendirikan pet shop
dikenakan pajak yang cukup tinggi. Selain itu, makanan, perlengkapan serta
aksesorisnya masih banyak yang merupakan produk impor.
BAB V
ASPEK KEUANGAN DAN SUMBER DAYA
MANUSIA
A. Aspek Keuangan
1. Modal
awal = Rp. 50.000.000
Biaya sewa tempat Rp. 700.000/bulan = Rp. 8.400.000 (setahun)
Biaya peralatan usaha dan dekorasi toko = Rp. 8.500.000
Biaya peralatan administrasi =
Rp. 2.500.000
Biaya produk yang akan
dijual = Rp. 26.000.000 -
Sisa
Modal =
Rp. 4.600.000
2.
Rencana
Usaha dan Perkiraan Laba
Ø Grooming = - mandi biasa Rp. 60.000 per ekor
*jika perbulan nya ada 20 konsumen yang
datang untuk memandikan hewan peliharaannya berarti Rp. 60.000x20 = Rp
1.200.000 perbulan
= - mandi obat (jamur&kutu) Rp. 80.000
per ekor
* jika perbulan nya ada 20 konsumen yang
datang untuk memandikan hewan peliharaannya dengan mandi obat berarti Rp.
80.000x20 = Rp 1.600.000 perbulan
Ø Untuk
penitipan dikenakan biaya Rp 50.000 perhari
*jika
dalan sebulan ada 30 pelanggan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya di
petshop kami maka Rp. 50.000 x 30 = Rp. 1.500.000
Maka dari pelayanan grooming dan
penitipan hewan akan diperoleh Rp. 4.300.000 perbulan nya
Jenis
Aksesosris, perlengkapan dan Makanan.
Harga
per item:
1. Tempat
Makan hamster Rp. 5.000
2. Rumah
Hamster Rp 15.000
3. Kandang Hamster Rp55.000
4. Habitrail
(Makanan Hamster) Rp. 50.000
5. Serbuk kayu untuk Hamster Rp. 5.000
6. Tempat
Makan Anjing/kucing Rp. 20.000
7. Dot
Anjing/ Kucing Rp. 20.000
8. Gunting
Kuku Anjing/ kucing Rp. 35.000
9. Sisir
anjing Rp. 20.000
10. Rantai
anjing dada Rp. 25.000
11. Kerencengan
Kucing Rp. 25.000
12. Kandang
Anjing/kucing Rp. 250.000
13. Makanan
Kucing Whiskas-500 gr 18.000
14. Makanan
kucing persian royal canin-500gr Rp. 95.000
15. Makanan
kucing royal canin mother&baby 500gr Rp 90.000
16. Makanan
kucing whiskas wet food Rp. 5.000
17. Makanan
kucing friskies wet food kaleng Rp. 17.000
18. Shampoo
Hewan Rp. 45.000
19. Spray
Hewan Rp. 35.000
20. Makanan
Anjing-Pedigree-500 gr Rp. 20.500
21. Baju
hewan Rp. 50.000
22. Kalung
Hewan Rp. 30.000
23. Tali
leher kucing Rp. 30.000
24. Tas
Hewan (Pet cargo) Rp. 150.000
25. Tempat
tidur Rp. 250.000
26. Minyak
ikan (perbotol isi 50) 35.000
27. Vitamin
kucing Rp. 97.000
Kami
berhasil mendapatkan modal awal 50 juta yang berasal dari tabungan kami. Modal
awal tersebut kami gunakan untuk membeli segala keperluan untuk memulai bisnis kami
dan sisanya untuk keperluan lainnya. Kami menyadari bahwa untuk memulai bisnis
ini kami tidak dapat bergantung hanya pada modal sendiri. Untuk kami juga
berinisiatif berkerja sama dengan distributor yang menjual makanan dan
kebutuhan hewan, selain itu kami ingin melakukan pinjaman kepada bank yang
dapat memberikan kredit ringan untuk menunjang kelancaran usaha petshop ini.
Berikut
adalah perincian operating cost yang kami keluarkan setiap bulan:
a. Fixed Cost
Tipe Fixed Cost : Fixed Cost Bulanan
a. Fixed Cost
Tipe Fixed Cost : Fixed Cost Bulanan
Sewa
Ruko
Rp 8.400.000
Gaji 5 orang karyawan Rp 10.000.000
Listrik, Telephone, Air Rp 2.000.000
Total Fixed Cost Bulanan Rp 20.400.000
Rp 8.400.000
Gaji 5 orang karyawan Rp 10.000.000
Listrik, Telephone, Air Rp 2.000.000
Total Fixed Cost Bulanan Rp 20.400.000
b.
Variable Cost
Tipe Variabel Cost
Fixed Cost Bulanan
Biaya pembelian Makanan Hewan
Rp 20.000.000
Biaya perawatan (salon) hewan Rp 5.000.000
Total Variabel Cost Bulanan Rp 25.000.000
Tipe Variabel Cost
Fixed Cost Bulanan
Biaya pembelian Makanan Hewan
Rp 20.000.000
Biaya perawatan (salon) hewan Rp 5.000.000
Total Variabel Cost Bulanan Rp 25.000.000
B.
Sumber Daya Manusia
1. Distributor
Agar
usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerja
sama dengam distributor-distributor lainnya, sehingga produk-produk yang kami
butuhkan untuk dijual dapat dengan mudah didapatkan. Distributor yang kami
maksud merupakan orang yang memasok barang yang kami butuhkan yaitu makanan
hewan, peralatan hewan, dan kebutuhan hewan lainnya.
2. Tenaga Kerja
Dalam
bisnis Una Pet Shop ini kita membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai
empati dan menyayangi hewan dan sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang
merawat hewan (untuk bagian grooming). Disini diperlukan orang yang mau bekerja
secara tekun/telaten, sabar menghadapi hewan yang menolak untuk dimandikan,
kerja keras, bertanggung jawab, ramah, dan juga dapat menjaga kualitas dan pelayanan
di petshop.
3. Masyarakat sekitar
Selain
SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan
penting dalam kelancaran usaha ini, karena kita juga harus memiliki hubungan
baik dengan masyarakat setempat disekitar toko ini. Karena apabila kita tidak
mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar bisa saja usaha kita
tidak disenangi dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga kami dan
karyawan lainnya sebagai pengusaha dan yang menjalankan usaha harus mempunyai
sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
BAB
VI
ANALISIS
SWOT
A.
ANALISIS
SWOT
1.
STRENGTH
(Kekuatan)
Ø Menyediakan makanan, peralatan, dan perlengkapan dengan
kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau
Ø Menerima jasa
penitipan dan antar jemput kucing
Ø Tempat Usaha di sekitar perumahan, sehingga warga yang
memiliki hewan peliharaan di sekitar perumahan tersebut tidak perlu jauh-jauh
membeli makanan dan kebutuhan hewan, dan juga tidak jauh membawa hewan kekamingannya
untuk dimandikan.
Ø Menyediakan lahan parkir yang luas dan bebas biaya parkir
Ø Jenis usaha ini tidak rumit dan mudah dijalankan.
2.
WEAKNESS (Kelemahan)
Ø Usaha ini membutuhkan modal yang besar
Ø tidak
banyak peralatan yang dijual di tempat ini dan tempat ini juga tidak menjual
hewan peliharaan.
Ø Tempat usaha yang belum permanent karena keterbatasab modal.
3.
OPPORTUNITIES (Peluang)
Dengan pertimbangan
modal yang terbatas, dimungkinkan akan menghasailkan laba yang relatif besar.
Sehingga dirasa lebih mudah untuk melakukan ekspansi usahanya. Dan juga biasanya
banyak pemilik hewan peliharaan yang malas untuk memandikan atau merawat hewan
sendiri. Untuk hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, natal, dan tahun
baru banyak yang pergi keluar kota, kemungkinan besar akan menitipkan hewan
peliharaannya ke petshop (bagi yang mempunyai hewan peliharaan).
4.
THREATS (Ancaman)
Ø Selama ini usaha sejenis memiliki
modal yang relatif besar sehingga dirasa lebih mudah untuk melakukan ekspansi
usahanya.
Ø Banyaknya pesaing yg berjualan secara online
Ø Banyaknya yang menjual produk makanan hewan di supermarket
PENUTUP
Kesimpulan
Bermula dari sebuah hobi senang
memelihara hewan kekamingan, ditambah dengan tinggimnya minat masyarakat untuk
memelihara hewan, membuat kami ingin menggeluti bisnis ini. Karena pet shop
merupakan bisnis yang sederhana dan mudah dikelola, walaupun membutuhkan modal
yang lumayan besar dan banyak pesaing nya, inilah yang menjadi tantangan
tersendiri untuk tidak takut mencobanya. Tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan
yang lumayan besar.
Bisnis yang akan kami jalan kan ini
adalah bisnis petshop yang akan kami beri nama Una pet shop. Karena kebetulan kami
pecinta kucing. Una pet shop akan menyediakan layanan seperti grooming atau
salon kucing dan anjing, tempat penitipan hewan, serta menjual kebutuhan dan
keperluan hewan seperti aksesoris, makanan, shampo, obat cacing, vitamin,
mainan hewan peliharaan dan lain-lain.
Usaha yang kami ingin bangun ini bertujuan
untuk menyalurkan pengetahuan hobi kami. Kami juga ingin menyadarkan masyarakat
untuk lebih peduli kepada hewan-hewan. Semoga dengan adanya petshop ini kami
bisa mensejahterakan hewan-hewan yang kelaparan dan butuh tempat untuk
berteduh.
Demikian proposal ini kami susun
dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang kami dirikan dapat
dikabulkan. Proposal ini bertujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan tentang
peluang dalam dunia usaha. Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan mencapai
keberhasilan. Kami menyimpulkan bahwa berdirinya usaha ini karena kebutuhan
masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini.
Selain itu kami mendirikan usaha ini untuk membantu pemerintah mengurangi
pengangguran di era krisis global seperti ini
DAFTAR PUSTAKA
terimakasih telah berbagi ilmu yang sangat menarik...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Offline